19 Cara Membuat Kata-Kata Promosi Bisnis Online Paling Jitu!

Cara promosi online merupakan salah satu kunci dalam meningkatkan usaha kita. Maka dari itu kita harus cerdas cara membuat kata-kata promosi bisnis online. Tanpa adanya promosi, bisnis yang kita jalani tidak akan berjalan dengan lancar. Apalagi semakin kedepan, dunia bisnis juga semakin menarik. Kompetitor bisnis saat ini lebih ketat persaingannya. Sehingga, kita harus melakukan promosi agar dapat bersaing dengan kompetitor yang lainnya.

Promosi di era modern ini sangat berbeda dengan era dahulu yang terkesan biasa. Pada saat ini, Kebanyakan tidak tertarik lagi dengan promosi yang biasa-biasa saja, contohnya promosi offline. Maka dari itu perlu dibuat sebuah model promosi yang tidak hanya mampu menghasilkan uang saja, melainkan mampu menyihir konsumen. Salah satunya yaitu dengan cara promosi secara online disertai dengan kata-kata promosi yang sangat bisa menarik, sehingga bisa memikat konsumen untuk membeli produk apa yang kita jual.

Bisnis tidak akan jauh dari selling product, baik itu jasa maupun barang kita pasti akan menawarkan apa yang menjadi produk bisnis kita kepada orang lain. Semuanya tidak akan tersampaikan dengan baik dengan kata-kata yang tepat, santun dan mengajak. Berjalannya sebuah bisnis sangat membutuhkan sebuah pemasaran atau promosi. Tujuannya adalah mengenalkan kepada banyak konsumen produk atau jasa apa yang kita miliki. Lalu bagaimana sebenarnya cara membuat kata-kata promosi?

Kata-kata promosi yang digunakan dalam berbisnis tentu saja harus dirangkai sebaik mungkin. Tak lain karena dari kata – kata inilah kita akan menjadikannya sebagai senjata ampuh untuk menarik banyak konsumen. Sayangnya tak banyak yang bisa merangkai kata-kata tersebut dengan baik hingga masih banyak konsumen yang tak begitu mengerti dengan produk baru milik kita.

Dalam melakukan promosi bisnis online, cara mendapatkan uang di Internet perlu dilakukan teknik yang tepat untuk membuat kata-kata. Nah bagaimana sih cara membuat kalimat promosi bisnis ? Berikut ini adalah tips cerdas membuat kata-kata promosi bisnis supaya bisnis kamu berjalan dengan lancar. Yuk simak ulasannya.

Cara Membuat Kata-Kata Promosi Bisnis Online

1. Sebelum Membuat Kata-Kata, Harus Memiliki Objek Sasaran Promo

Cara membuat kata-kata promosi bisnis yang pertama yaitu sasaran dalam promo harus jelas. Kata-kata dalam promo tentunya juga sesuai dengan produk yang sedang kita jual. Jangan sampai membuat promo tanpa sasaran yang jelas. Karena, akan membuat hasilnya tidak akan jelas alias rugi.

Contohnya jika produk yang sedang kamu jual adalah produk pelangsing maka sasaranya adalah orang-orang yang sedang mengalami kegemukan. Begitu juga dengan membuat kata-kata, jika produk kamu memang ditunjukkan kepada anak muda, maka gunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh anak muda.

Sebaliknya, jika produk kamu ditunjukkan untuk umum, gunakan kata-kata yang mudah dimengerti banyak orang. Jangan menggunakan kata-kata yang bertele-tele dan bahasa yang terlalu tinggi supaya mudah difahami oleh orang lain. Kalau bisa buat yang singkat padat dan jelas, tapi banyak makna.

2. Menggunakan Kata-Kata AjaibSebelum Membuat Kata-Kata, Harus Memiliki Objek Sasaran Promo

Menggunakan kata-kata ajaib merupakan tips cerdas dalam cara membuat kata-kata promosi bisnis. Kata-kata adalah kunci utama dalam promosi. Tahukah kamu sahabat bahwa kata-kata dalam promo juga akan mempengaruhi tingkat closing penjualan produk?

Kata-kata atau kalimat yang dipilih dalam promo tidak boleh sembarangan, jika sembarangan, hasilnya pun akan sembarangan dan tidak jelas. Pilihlah kata-kata atau kalimat yang berbau penekanan batin. Contohnya seperti : Kata gratis, segera, buruan, cepat, dll adalah kata-kata ajaib yang mengundang hasrat ingin segera beraksi untuk membeli.

3. Jujur dan Masuk Akal

Dalam tips cara membuat kalimat promosi bisnis, kalimat promo harus jujur dan masuk akal. Jangan menggunakan kata-kata yang berlebihan, dan menipu pembeli dengan kalimat promo yang palsu. Apalagi, konsumen sekarang lebih cerdas, dan bisa menilai promo-promo yang mengarah ke penipuan.

Oleh karena itu, membuat kata-kata yang tidak masuk akal dan berlebihan justru membuat konsumen ragu-ragu untuk membeli produk yang kamu jual. Sehingga, buatlah kata-kata yang objectif sesuai dengan produk kamu yang sebenarnya. Jangan sampai promosi kamu menipu konsumen, karena bisa saja online shop Anda akan memiliki rating yang sangat buruk.

4. Menyangkut Psikologi

Menyangkut PsikologiPromosi yang hebat merupakan promo yang bisa mengenali perasaan pembacanya dan mampu membaca masalah yang sedang dihadapi oleh konsumen. Setiap orang memiliki masalah yang tercermin dalam psikologinya. Dari sini lah kesempatan Anda untuk membuat suatu produk yang bisa mengatasi masalah mereka.

Jika orang memiliki masalah jerawat, maka gunakan kata-kata promosi produk kecantikan kamu untuk meyakinkan bahwa produk kamu dapat menghilangkan jerawat. Sehingga, konsumen pun akan lebih tertarik. Menyangkut psikologi seseorang merupakan tips cerdas dalam membuat kata-kata promosi bisnis yang Anda jalankan.

5. Momentum Waktu yang Tepat

Momentum Waktu yang TepatBanyak sekali promo yang muncul di waktu-waktu tertentu. Entah itu ketika bulan ramadhan, hari raya idul fitri ataupun pada saat tahun baru. Pada moment seperti inilah yang sangat banyak dicari oleh konsumen, contohnya seperti produk fashion muslim yang pastinya semakin laris jika dipromosikan pada saat menjelang idul fitri. Dan biasanya pada bulan ramadhan ada iklan marjan yang setiap harinya tayang di tv, mereka promosi hanya bulan ramadhan karena produknya sangat cocok untuk buka puasa.

Membuat promo dengan memerhatikan momentum ini memiliki dampak yang sangat dahsyat dalam penjualan produk Anda. Misalnya pada saat bulan ramadhan, kita mempromosikan produk busana muslim. Maka, penjualan pun akan meningkat dibandingkan promo pada hari biasanya. Atau bisa saja Anda mempromosikan produk fashion yang lagi trend pada saat tahun baru.

6. Memberi Solusi

Cara membuat kalimat promosi yang ke enam yaitu dengan memberi solusi kepada konsumen. Meskipun kalimat promosi sangat singkat, tapi dengan kata-kata tersebut harus bisa menggambarkan sesuatu apa yang akan didapatkan oleh konsumen nantinya. Apakah nantinya masalah mereka bisa terselesaikan dengan produk yang Anda promosikan atau tidak. Memberikan solusi kepada konsumen adalah salah satu tips cerdas dalam membuat kata-kata promosi bisnis.

Jika Anda berhasil memberikan solusi kepada konsumen, jangan lupa beberapa kali konsumen tersebut di follow up. Tanya-tanya hasilnya gimana, cocok atau tidak. Dengan melakukan pendekatan seperti itu dan konsumen nyaman dengan Anda, maka bisa saja konsumen tersebut bisa repeat order berkali-kali pada online shop Anda. Dan jangan lupa membuat kalimat promosi yang bisa dimengerti oleh konsumen.

7. Berbau Impian Cita-Cita Orang Banyak (Menjelaskan masa depan)

Cara membuat kata-kata promosi yang ke tujuh yaitu dengan cara memberikan pengarahan terhadap cita-cita. Setiap orang pasti memiliki masa depan masing-masing, pada masa depan tersebut pasti memiliki sebuah impian. Dengan ini bisa membuat brand kamu bisa terkenal dan dipercaya banyak orang.

Promosi akan lebih bagus jika didalamnya tertulis tentang impian masa depan. Hal apa saja yang akan didapatkan keesokan harinya setelah memakai produk dari kita. Buat konsumen seakan-akan sudah memegang impiannya. Cara ini merupakan tips cerdas dalam membuat kata-kata promosi bisnis.

8. Gunakan Kata-Kata yang Sopan

Cara membuat kalimat promosi berikutnya yaitu dengan menggunakan kata-kata yang sopan. Usahakan kalimat promosi yang disusun wajib dan sopan, jangan gunakan kalimat yang berkonotasi negatif, seperti kata-kata yang berbau sindiran dan sara. Menggunakan kata-kata yang sopan bertujuan supaya tidak menyinggung perasaan konsumen. Jika konsumen tersinggung, maka konsumen tersebut tidak akan membeli produk yang kamu tawarkan.

9. Mengerti Target Pasar

Sebelum anda benar-benar akan melakukan wording promosi untuk bisnis anda, wajib hukumnya untuk tahu bagaimana target pasar yang anda miliki. Sebab dalam memulai sesuatu harusnya membangun pondasi yang kuat. Mengerti target pasar adalah pondasi kuat untuk promosi. Karena kita bisa tahu bagaimana kesukaan dan apa saja yang akan menarik perhatian mereka. Pahami dan mengerti mereka, siapa yang akan menggunakan produk atau jasa anda. Seperti apa sosok customer anda dan kira-kira apa yang mereka suka.

Sesuaikan dengan kepribadian anda. Bisnis yang paling mudah untuk dijalankan adalah bisnis yang berawal dari passion. Sebab anda telah menguasai betul bidang bisnis tersebut. Jika bisnis anda sudah sesuai dengan keinginan, maka target pasar juga tidak akan jauh dari karakter diri anda sendiri. Seperti misalnya jika produk atau jasa diperuntukkan bagi customer usia 35 hingga 50 tahun maka sebagian besar mereka adalah yang butuh ketenangan, cinta, damai dan sebagainya.

10. Tulis Kata-Kata Secara Personal

Cara membuat kata-kata promosi paling ampuh adalah menuliskannya untuk personal. Anggaplah bahwa anda berbicara pada satu orang. Sebab hal ini akan menimbulkan keintiman customer dengan produk kita. Mereka yang membaca seolah disapa pribadi. Bisnis anda terasa hanya untuk satu orang meski harapannya tentu untuk banyak customer.

Menulis kata-kata untuk personal memang lebih menyentuh dan dekat kepada konsumen. Misalnya saja “kalian lagi cari fashion kekinian?” kalimat tersebut bisa anda ubah menjadi “kamu lagi cari fashion kekinian?”. Kalimat yang kedua terasa lebih personal dan cocok untuk promosi bisnis anda.

11. Hindari Kata-Kata yang Membosankan

Kalimat promosi yang menarik tentu saja bisa anda dapatkan dari berbagai sumber. Misalnya saja inspirasi untuk menulis promosi baju. Hindari kata yang membosankan seperti kata gratis, terpercaya, lengkap dan sebagainya. Anda bisa mengganti kata-kata tersebut dengan lebih menyenangkan. Jika anda ingin cara membuat kata-kata promosi ini berhasil maka anda harus memahami berbagai kata baru. Memperbanyak kosakata agar bisa merangkai kalimat promosi yang menarik.

12. Bubuhkan Kata Bergaransi

Jika produk anda bergaransi maka akan lebih mudah untuk membuat kalimat promosi yang paling menarik. Tulis kata BERGARANSI. Sebab ada penelitian yang mengungkap bahwa banyak orang yang sebenarnya memiliki minat membeli tetapi membatalkan niatnya karena takut bahwa produk tersebut cepat rusak. Disinilah kekuatan kata GARANSI yang harus disadari.

Sebab kata tersebut juga akan meningkatkan kepercayaan dan keyakinan calon customer untuk membeli produk anda. Namun, ingat bahwa kata-kata yang anda rangkai dalam promosi haruslah benar adanya. Jika memang ditulis bergaransi berarti mereka yang kedapatan produk jelek bisa menukarnya dengan yang lain.

13. Limited Edition

Cara membuat kata-kata promosi selanjutnya yaitu menggunakan kata Limited Edition pada judul. Tak bisa dipungkiri bahwa edisi terbatas selalu bisa menarik banyak perhatian customer. Mereka tak mau ketinggalan dengan barang-barang atau produk yang limited. Kata limited Edition yang anda coba gunakan. Terutama untuk produk yang memang istimewa. Biasanya orang akan berbondong-bondong membelinya karena jika memiliki produk yang berlabel limited edition bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Cara ini patut untuk anda coba agar memiliki dampak yang bagus pada penjualan produk anda.

14. Gunakan Kata Cuci GudangPromo Cuci Gudang

Pernah melihat postingan yang bertuliskan cuci gudang? Anda juga pasti memiliki rasa penasaran pada toko tersebut. Tulisan Cuci Gudang biasanya sering kita lihat pada momen hari raya, sale akhir tahun ataupun momen penting lainnya. Mereka menggunakan kesempatan untuk menghabiskan stok pakaian lama. Sementara di benak pembeli, produk cuci gudang tentunya memiliki harga yang lebih murah. Hal ini yang membuat calon pembeli menjadi tertarik untuk berbelanja.

15. Bertuliskan Gratis Ongkos Kirim

[better-ads type=”banner” banner=”286″ campaign=”none” count=”2″ columns=”1″ orderby=”rand” order=”ASC” align=”left” show-caption=”1″][/better-ads]

Tak bisa dipungkiri bahwa kita terkadang lebih terpengaruh oleh apa yang kita baca. Ada sebuah produk seharga Rp. 70.000 dan belum termasuk ongkir. Sementara di sisi lain ada produk seharga Rp. 90.000 tetapi sudah gratis ongkir.

Banyak orang akan lebih tertarik dengan tulisan gratis ongkos kirim. Padahal jika kita cari tahu lebih lanjut, kedua produk tersebut tidak jauh berbeda. Hanya saja yang seharga Rp. 90.000 lebih dilihat karena mereka tidak lagi perlu membayar ongkos kirim.

Padahal, ongkos kirim sebenarnya sudah dimasukkan pada harga tersebut. Lihat bagaimana kekuatan kata “gratis ongkos kirim” ini, bukan?

16. Judul Promo yang Menarik

Mengapa judul promo ini harus menarik? Alasannya adalah karena akan membuat pembaca ingin mengetahui lebih jauh lagi. Jika judul promosinya sudah tidak menarik maka promo kita di whatsapp juga tidak akan dilirik lagi. Cara membuat kata-kata promosi agar efektif ada di tiga detik pertama. Mengapa? Tiga detik pertama adalah momen paling kritis dimana anda harus benar-benar bisa meyakinkan pembaca buatlah judul yang menarik dengan kata-kata yang anti mainstream.

17. Penjelasan yang Singkat

Di bagian ini nanti anda perlu menginformasikan sekilas tentang produk agar calon prospek anda tahu informasi tentang produk. Anda juga bisa menginformasikan kelebihan produk anda untuk bisa meyakinkan calon pembeli bahwa produk yang anda miliki memang lebih baik jika dibandingkan pesaing. Penjelasan yang singkat dan jelas tentu akan disukai pembeli karena mereka tidak suka bertele-tele.

18. Lakukan Call To Action

Cara membuat kata-kata promosi yang efektif bisa juga dengan membubuhkan call to action. Teknik ini untuk mendorong calon pembeli agar segera melakukan order. Teknik yang dirasa penting agar bisa mempercepat closing dari calon konsumen. Beberapa contoh call to action seperti reply chat segera sebelum habis, kontak sekarang juga, tunggu apa lagi, segera hubungi, reply segera untuk mendapatkan bonus ini. Contoh-contoh call to action ini bisa membuat penjualan jadi lebih meningkat.

19. Berikan Info Bonus

Mengapa bonus bisa menjadi salah satu poin penting? Tentu karena memang sering ada calon pembeli yang tidak hanya membeli produk. Tetapi juga mengejar bonusnya juga. Misalnya saja beberapa penerapan seperti berikan info bonus secara detail, bonus tersebut sebaiknya ada nilainya dan tidak terkesan cuma-cuma saja. Anda bisa memberikan bonus yang berhubungan dengan produk. Misalnya saja jika produk anda adalah smartphone maka anda bisa memberi bonus power bank.

Menggunakan kalimat promo yang cerdas akan sangat membantu dalam meningkatkan produk dalam bisnis sahabat. Jangan ragu untuk berkreatifitas disana. Gabungkan beberapa teknik yang sudah saya berikan sebelumnya. Pada dasarnya promo adalah memberi kesempatan konsumen untuk merasakan kemanfaatan secara mudah, dengan diskon atau sesuatu yang unik yang kita berikan.

Beberapa cara membuat kata-kata promosi ini bisa anda lakukan. Mulailah dengan mengamati promosi para kompetitor yang sukses. Analisis dan modifikasi mana yang bisa dimodif. Konsisten dalam berpromosi secara kreatif juga akan memberi anda hasil yang baik. Penjualan yang meningkat butuh promosi yang benar dan tidak serta merta langsung banyak konsumen yang membeli produk anda.

Nah itulah tips cara membuat kata-kata promosi bisnis versi Dosen Online yang bisa kamu coba. Jika kamu merasa kesulitan dalam cara membuat kalimat promosi yang cocok, gunakanlah jasa yang dapat membantumu dalam melakukan promosi produk.

Terakhir di Update 16 Juni 2019

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

error: