7 Cara Mengatasi Grogi Dalam Ajaran Islam

Grogi merupakan suatu hal yang nantinya dapat berpengaruh terhadap kondisi kepercayaan diri anda. Apalagi sedang menerapkan teknik closing ke customer Anda. Akan tetapi, grogi ataupun nervous tersebut merupakan sebuah hal yang manusiawi. Pada umumnya hal ini terjadi ketika orang tersebut memang jarang untuk tampil di depan umum. Namun, anda pun bisa menghilangkan rasa grogi tersebut agar lebih percaya diri. Untuk itu, kali ini akan diulas tentang beberapa cara mengatasi grogi yang ada dalam ajaran islam. Berikut simak ulasannya.

Hal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Mengatasi Grogi

1. Dengan Mulai Berfikiran Positif

Bagi anda yang ingin untuk mulai tampil percaya diri dan mengurangi rasa grogi maka anda pun perlu melatih untuk memiliki pikiran positif. Untuk itu, ketika anda memiliki pikiran yang negatif, maka tentu saja anda pun nantinya akan memiliki beban dan merasa ketakutan untuk membuat kesalahan dan juga khawatir untuk menjadi gagal. Untuk itu, perasaan tersebut tentu saja akan membuat anda lebih mudah untuk merasa grogi.

Ketika hal tersebut terjadi, maka cara mengatasi grogi tersebut adalah dengan mempunyai pikiran yang positif. Untuk itu, maka anda pun perlu untuk menetralisir dan memberikan sugesti ke dalam diri anda sendiri terlebh dahulu. Dan anda pun perlu untuk memiliki pikiran agar tidak ada sesuatu yang perlu ditakutkan. Karena apabila anda menjadi gagal, maka hal itu tentunya dapat menjadikan anda sebuah pelajaran untuk bisa lebih baik ke depannya.

2. Dengan Memfokuskan Untuk Kerap Berpikiran Dan Berbicara Lantang

Untuk melatih agar diri anda menjadi tidak grogi, maka anda pun perlu untuk berpikiran dan berbicara secara lantang. Hal ini dikarenakan ketika anda berbicara dengan lambat, maka nantinya bibir anda pun akan semakin gemetar. Sehingga nantinya suara anda pun juga akan ikut bergetar. Anda pun bisa menyiasati rasa grogi  tersebut dengan mengeluarkan suara yang keras dan lantang.

Dengan adanya suara yang keras tersebut, tak hanya bisa untuk mengatasi kecemasan di dalam diri anda. Melainkan juga sebagai sarana untuk menyalurkan energi dan rasa grogi tersebut. Untuk itu, hal ini pun termasuk sebagai salah satu cara mengatasi grogi yang bisa untuk anda lakukan. Anda pun bisa melakukannya dengan cara untuk menghafal sebuah teks ketika anda ingin berbicara di depan agar menghindari rasa grogi.

3. Dengan Bersikap Tenang

Hal ini tentu saja dapat menjadi salah satu usaha yang bisa dilakukan agar anda mampu untuk mengatasi rasa grogi. Hal ini dikarenakan ketika anda merasa tidak tenang, maka seringkali anda pun juga akan mengalami rasa takut dan akan tidak jelas ketika sedang mengucapkan kata. Sehingga dengan sikap tidak tenang tersebut akan membuat anda grogi dan merasa seperti sedang dikejar sesuatu.

Untuk itu, anda pun bisa mencoba untuk bersikap lebih tenang ketika anda sedang mengalami rasa grogi. Hal kecil seperti mengatur nafas dengan baik dan menarik nafas secara perlahan ketika anda akan mengucapkan atau berbicara di khalayak yang ramai tentu saja akan membuat anda mampu untuk mengatasi rasa grogi yang menghampiri diri anda tersebut.

4. Dengan Merasa Percaya Diri

Selain itu, anda pun juga bisa untuk mensugesti diri anda sendiri untuk lebih bisa percaya diri. Hal ini dikarenakan ketika anda sedang ingin untuk berbicara di depan umum maka pastinya anda membutuhkan rasa kepercayaan diri yang berlebih. Sehingga ketika anda telah merasa percaya diri, maka anda pun nantinya akan cenderung untuk lebih bisa berfikiran jernih dan lebih konsisten.

Orang yang tidak memiliki rasa percaya diri, tentu saja akan cenderung tidak akan mudah untuk mengatasi groginya. Hal ini disebabkan, orang tersebut lebih memikirkan bagaimana penampilan nantinya, kalau tidak bagus bagaimana dan pemikiran pemikiran lain yang semakin membuat anda merasa down. Untuk itu, cara mengatasi grogi yang paling utama adalah dengan menimbulkan rasa percaya diri di dalam diri anda. Sehingga anda pun akan mampu tampil lebih maksimal ketika sedang berbicara.

5. Dengan Mengerahkan Segala Energi

Anda pun juga perlu untuk mengerahkan segala energi yang terjadi di dalam diri anda. Sehingga nantinya bila anda menghadapi audiens, dan ternyata audiens pun memberikan sorakan dan tepuk tangan yang meriah untuk anda, maka hal tersebut tentunya bukan menjadikan anda semakin grogi. Namun, anda pun justru harus memiliki energi yang positif dan tak kalah meriah dengan audiens yang lain.

Dengan mengerahkan energi anda dengan baik, maka anda pun nantinya juga akan bisa untuk berjalan dengan lebih mantap dan juga akan bisa berdiri dengan sigap. Sehingga nantinya anda pun mampu untuk mengatasi rasa grogi yang ada di dalam diri anda. Anda pun juga bisa turut bertepuk tangan dan menyamput applause yang diberikan oleh penonton tersebut. Sehingga nanitnya energi yang baik tersebut juga mampu mengalir di dalam gerakan anda.

6. Dengan Sesekali Membuat Candaan

Cara mengatasi grogi satu ini pun juga bisa anda terapkan. Tak ada salahnya jika sesekali anda membuat candaan ketika sedang berbicara di depan umum. Selain untuk mengatasi rasa grogi yang ada di dalam diri anda. Maka hal ini pun tentu saja akan bisa sebagai salah satu pemecah suasana yang diam dan kaku. Sehingga nantinya anda pun juga akan lebih bisa untuk membuata audiens menjadi tertawa.

Anda pun juga bisa melenturkan rasa gugup yang ada di dalam diri anda ketika sedang membuat candaan yang wajar. Anda pun juga perlu untuk merencanakan dengan baik humor tersebut, akan tetapi anda juga jangan sampai untuk kehilangan spontanitas. Selain itu, anda pun juga perlu untuk memberikan candaan berupa humor yang baik. Dimana humor tersebut nantunya tidak akan melukai perasaan siapapun.

7. Dengan Memahami Bahwa Grogi Merupakan Salah Satu Sikap Yang Positif

Mengalami rasa grogi ketika di panggung merupakan hal yang wajar. Hal ini dikarenakan ketika anda menghadapi banyak orang, tentu saja rasa tidak percaya diri dan takut mengecewakan kerap kali menghampiri. Sehingga anda pun nantinya akan mengalami rasa grogi tersebut. sesekali mengalami rasa grogi di depan panggung merupakan hal yang sering terjadi.

Dengan memikirkan bahwa grogi merupakan hal yang positf maka hal ini pun menjadi salah satu cara mengatasi grogi yang bisa untuk anda lakukan. Akan tetapi, anda pun perlu mengingat bahwa grogi yang berlebihan merupakan sikap yang tidak baik. Sehingga jika sesekali dan dua kali merasa grogi maka hal tersebut merupakan hal yang wajar. Namun ketika anda tidak mampu untuk mengendalikannya, maka anda pun bisa mensiasati cara agar rasa grogi tersebut berangsur menghilang.

Kesimpulan

Selain 7 hal diatas, anda pun juga bisa membaca beberapa surat di dalam Al Quran untuk meminimalisir rasa grogi tersebut. Dimana ada beberapa surat seperti Ali Imran ayat 160, Al Anfal ayat 9 hingga 10 dan juga surat  At Thoha ayat 25 hingga 28 yang akan berguna dan akan membantu anda untuk mengatasi rasa grogi yang ada di dalam diri anda tersebut.

Semoga artikel cara mengatas grogi dalam ajaran islam ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kalian agar bisa mendapatkan manfaatnya juga.

Terakhir di Update 16 April 2020

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

error: