7 Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros 💰 - Dosen Online

7 Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros 💰

0 53

Menerapkan hidup hemat merupakan salah satu impian banyak orang. Namun nyatanya banyak sekali orang yang sulit untuk mempraktikannya. Untuk itu, dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai cara mengatur uang agar tidak boros yang baik, agar nantinya anda pun bisa berhemat dan melakukan pola hidup yang tidak boros. Selain itu kamu juga harus bisa cara mengatur waktu agar lebih produktif. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros

1. Dengan Melawan Kebiasaan Untuk Boros

Hal yang bisa untuk anda lakukan agar bisa menghemat uang anda, maka anda harus mulai membiasakan untuk menghindari sikap boros. Kebiasaan untuk tidak bisa mengatur keuangan tersebut tentu saja akan memiliki dampak negatif pada keuangan anda. Untuk itu, anda dapat mulai dengan mengendalikan kebiasaan untuk boros tersebut. Anda pun nantinya dapat menggantinya dengan kebiasaan menabung meskipun diawali dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu.

Melalui hal tersebut, maka itu dapat anda lakukan sebagai salah satu cara mengatur uang yang perlu untuk anda terapkan. Anda saat ini mulai dapat memilah kebiasaan buruk yang membuat anda boros. Misalnya mulai dari sering hedon dengan belanja online atau hampir setiap hari nongkrong di kafe, maka kamu bisa merubahnya dengan membatasi ataupun mengurangi kegiatan yang dapat menguras kantong anda.

2. Dengan Membeli Barang Bekas

Tak selamanya barang bekas mempunyai kualitas yang buruk. Untuk itu, anda bisa melakukan penghematan dengan cara membeli barang bekas namun dengan kualitas yang masih bagus. Anda bisa melakukan penghematan dengan membeli barang second dibandingkan dengan membeli barang baru dengan harga yang mahal.

Mengenai masalah kualitas, anda pun juga bisa membeli barang bekas tersebut dengan ketelitian yang super jeli. Sehingga nantinya kamu akan bisa untuk mendapatkan barang yang bagus pula. Poin terpenting dari barang bekas yang anda beli adalah fungsi dari barang tersebut masih sama bagus dan masih bisa untuk digunakan. Untuk itu, dengan membeli barang bekas merupakan salah satu cara mengatur uang yang bisa untuk anda lakukan.

3. Dengan Menghindari Hutang

Cara mengatur uang agar tidak boros selanjutnya yaitu dengan menghindari hutang. Salah satu hal yang perlu untuk anda perhatikan ketika ingin menghemat uang anda adalah dengan menciptakan keuangan yang sehat, salah satunya adalah dengan menghindari hutang.

Untuk itu, bagi anda yang terbiasa menggunakan kartu kredit anda pun perlu perhatian yang ekstra agar dalam penggunaannya tidak menjadi boros. Apabila kamu membutuhkan uang untuk usaha kamu bisa memilih pinjaman modal usaha tanpa riba.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan maksimal dan memanfaatkannya secara bijak. Hal ini tentu saja berdampak positif untuk anda dikarenakan berbelanja dengan kartu kredit akan membuat anda bisa berhemat dan nantinya akan mampu untuk mengendalikan pengeluaran di dalam diri anda. Akan tetapi, anda pun tentu saja harus menghindari pemakaian yang menumpuk agar anda nantinya tidak terlilit hutang.

4. Dengan Menghindari Pembelian Dadakan

Hal lain yang perlu untuk anda perhatikan ketika ingin menjalankan hidup hemat adalah dengan menghindari adanya pembelian dadakan. Hal ini tentu akan berguna sebagai salah satu cara mengatur uang yang perlu untuk anda tahu. Untuk itu, anda pun diharapkan agar mampu menahan godaan untuk berbelanja. Anda juga bisa mengendalikan agar tidak mengeluarkan uang untuk membeli kebutuhan secara mendadak.

Terlebih lagi ketika anda membeli barang yang bersifat tidak wajib. Untuk itu, anda pun perlu untuk mengontrol pengeluaran dan menahan diri untuk tidak berbelanja terlebih saat sedang ada diskon besar-besaran ataupun cuci gudang. Hal itu tentu saja akan membuat pengeluaran anda menjadi boros karena anda hanya membeli barang berdasarkan godaan saja bukan berdasarkan kebutuhan.

5. Dengan Menerapkan Sistem Amplop

Bagi anda yang ingin melakukan penghematan, maka cara ini pun dapat untuk anda lakukan. Dengan adanya sistem amplop ini tentu saja dapat memudahkan anda untuk mengatur keuangan. Cara yang tergolong sederhana ini terbilang cukup ampuh untuk berhemat. Anda pun hanya cukup untuk menyiapkan beberapa amplop yang nantinya anda pun juga dapat memberikan nama pada amplop tersebut.

Dengan cara ini, anda pun nantinya akan dapat dengan mudah untuk membedakan pengeluaran apa saja yang akan anda pakai untuk kebutuhan sehari-hari, untuk makan, untuk transportasi, dan juga untuk hiburan. Dengan adanya pengendalian tersebut tentu saja akan membuat anda bisa untuk menganggarkan uang dan akan mencegah untuk mengeluarkan uang secara berlebihan.

6. Dengan Menyiapkan Rekening Alternatif

Cara mengatur uang lain yang bisa untuk anda terapkan adalah dengan menyiapkan rekening alternatif yang bisa berguna untuk anda melakukan penghematan. Untuk itu, dengan anda mempunyai rekening tabungan lain maka anda pun akan mampu untuk mengatur uang dengan baik. Cara yang sederhana ini dapat anda lakukan dan akan memberikan dampak yang positif untuk keuangan anda.

Untuk itu, anda pun dapat membuat rekening tabungan yang tanpa memiliki ATM. Hal ini tentu saja agar menghindari anda untuk mengambil uang tersebut. Selain itu, ketika anda sedang menerima gaji maka anda dapat dengan mudah untuk mengirimkannya ke rekening yang khusus untuk tabungan tersebut sehingga dapat menghemat pengeluaran lebih awal.

Untuk itu, setiap anda menerima bonus pun maka kamu juga bisa untuk segera menyetornya ke rekening untuk uang alternatif anda tersebut. Selain itu, anda perlu untuk melupakan jika anda memiliki uang yang berlebih di rekening alternatif. Hal ini tentu saja bertujuan agar nantinya uang anda tidak terkuras dan merasa anda masih mempunyai uang tambahan.

7. Dengan Mencatat Pengeluaran Anda Secara Berkala

Cara satu ini pun juga bisa untuk anda terapkan agar anda mengetahui pengeluaran apa saja yang telah anda habiskan. Untuk itu, dengan cara ini pun anda juga mampu peduli pada pendapatan anda dan anda bisa hidup hemat. Serta cara ini pun dapat membuat anda mampu untuk melihat pemasukan dan pengeluaran anda agar nantinya hal tersebut dapat berjalan dengan seimbang.

Untuk itu, cara mengatur uang satu ini pun perlu untuk anda lakukan. Hilangkan sifat pemalas sehingga nantinya akan lebih rajin untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran yang terjadi di dalam hidup anda. Untuk itu, dengan rutin mencatat semua pengeluaran secara per minggu atau per hatinya akan memudahkan anda pula untuk mengingat hal apa saja yang telah anda keluarkan. Sehingga anda pun akan menjadi tahu uang anda larinya kemana.

Kesimpulan

Dengan menerapkan cara mengatur uang agar tidak boros ini untuk mengatur pengeluaran anda, maka kamu nantinya akan bisa untuk melakukan penghematan. Selain itu, cara mengatur uang agar tidak boros ini juga akan membuat hidup anda menjadi lebih hemat dan tidak boros.

Sehingga anda nantinya akan bisa untuk menabung dan membuat hidup anda pun lebih baik karena bisa mengendalikan pengeluaran keuangan anda. Hal ini tentu saja akan menguntungkan untuk anda dan bisa memiliki uang berlebih yang bisa untuk disimpan.

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: