5 Layanan CDN Murah Untuk Website Jadi Lebih Kencang !!!

0 26

Di era yang serba mudah dan cepat seperti saat ini, kecepatan loading website juga menjadi kebutuhan para pemiliki website, contohnya seperti TokoPress. Karena kecepatan loading mempengaruhi pengunjung yang sedang mengakses website anda. Ketika situs anda lemot maka pengunjung yang tidak sabar akan memilih meninggalkan website anda. Sehingga pengunaan CDN sangat dibutuhkan untuk website anda, untuk itu yuk simak ulasan mengenai layanan CDN murah berikut ini.

Apa itu CDN ( Content Delivery Network) ?

Content Delivery Network atau CDN merupakan jaringan server secara global yang berada di beberapa tempat dan tersebar di seluruh negara. CDN tidak hanya memiliki satu atau 2 pusat data melainkan telah dioptimalkan guna menyalurkan file statis. Semua CDN melayani banyak konten internet sepeti web, aplikasi, objek download bahkan media live streaming hingga jaringan sosial.

CDN bekerja dengan menggandakan file statis ke berbagai server yang berada diberbagai lokasi. Sehingga dimanapun pengunjung website anda berada, mereka bisa mengakses website tersebut dengan mengakses file statis dari server. Kecepatan pengunduhan file statis ini tergantung dari server yang paling dekat dengan pengunjung. Pengunaan layanan CDN inilah yang membuat akses menjadi lebih cepat.

Layanan ini berbeda dengan web hosting, karena anda masih membutuhkan hosting meskipun telah mengunakan layanan ini. Kabar baiknya kedua layanan tersebut bisa disatukan dan bisa saling melengkapi satu sama lain. Hosting berguna untuk menyimpan file non statis dan juga database. Ada banyak layanan CDN murah yang bisa anda gunakan untuk kepentingan website anda yang gratis maupun yang berbayar.

Manfaat Mengunakan Layanan CDN

Kelebihan utama yang anda dapatkan ketika mengunakan Content Delivery Network adalah peningkatan kecepatan loading website yang anda miliki dalam menampilkan konten. Apalagi jika website anda memiliki banyak konten seperti gambar, animasi ataupun video seperti Levidio Animatoon.

CDN juga mampu melindungi dari serangan DoS. Selain itu, CDN juga hadir sebagai solusi untuk website yang memiliki jumlah visitor yang banyak.

CDN menyimpan cache website pada beberapa server yang berada dan tersebar di seluruh dunia. Sehingga ketika ada visitor website anda, CDN akan menghubungkan pada server yang paling dekat dan website bisa diakses dengan cepat.

CDN juga mampu meningkatkan peringkat website anda pada mesin pencarian. Dengan begitu jumlah visitor akan lebih banyak karena website anda muncul di urutan teratas.

Layanan CDN Murah Yang Harus Anda Tahu

Ada banyak CDN yang bisa anda gunakan, entah itu yang gratis maupun berbayar. CDN berbayar memiliki jaringan server yang lebih besar dan juga memiliki rencana harga yang fleksibel. Layanan CDN murah juga memiliki masa uji coba gratis yang bisa anda gunakan untuk mengetahui kualitas dari layanan tersebut. Ada beberapa layanan CDN yang bisa anda coba untuk meningkatkan loading dari website anda.

1. CloudFlare

CloudFlare merupakan layanan CDN yang memiliki server pusat di 76 data yang tersebar di seluruh dunia. Layanan ini merupakan salah satu layanan terbaik untuk website yang memiliki banyak konten di dalamnya. File media dan juga konten statis akan didorong secara otomatis menuju jaringan CloudFlare. Sehingga pengunjung website anda akan disajikan konten yang dinamis oleh web host anda. Yang keduanya akan berkerjasama dengan mulus.

CloudFlare menjadi salah satu dari Content Delivery Network yang populer dan banyak digunakan para blogger untuk meningkatkan kecepatan memuat website. CloudFlare memiliki dua layanan yakni gratis dan juga berbayar. Kedua layanan tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan juga layanan ini bisa digunakan oleh semua orang. Layanan CDN ini memiliki harga yang cukup terjangkau karena harga biayanya tetap tidak ada tambahan biaya untuk bandwidth.

2. KeyCDN

Layanan CDN yang bisa anda coba selain CloudFlare adalah KeyCDN. Kelebihan utama KeyCDN adalah penerapan harga pay as you go yang membuatnya masuk ke dalam layanan CDN murah. Yang berarti tidak ada biaya bulanan sehingga anda hanya perlu untuk membayar sesuai dengan jumlah data yang anda gunakan. Namun anda harus tetap memeriksa rincian harga karena ada biaya lain yang bisa diterapkan pada akun milik anda.

KeyCDN memiliki empat server pada wilayah utama di dunia yang membantu anda untuk memastikan jumlah hop antara penguna akhir dan juga konten. Terdapat juga laporan real time sehingga akan memudahkan anda untuk melihat kinerja layanan serta berapa banyak jumlah data yang anda gunakan.

KeyCDN juga memiliki fitur keamanan yang mampu melindungi website anda. Dengan masa uji coba selama 30 hari dan data gratis sebanyak 25 GB.

3. MaxCDN

MaxCDNPilihan layanan CDN yang memiliki harga murah dan juga menjadi layanan terbaik adalah MaxCDN, sekarang berubah menjadi StackPath. Layanan ini memiliki jaringan pengiriman konten berbasis di Los Angeles California. Selain itu layanan ini juga cukup populer di dunia maya dan banyak digunakan oleh pemilik website seperti anda. Banyak juga situs beken yang mengunakan layanan MaxCDN. MaxCDN juga memiliki lokasi server di empat bagian wilayah seperti Amerika, Eropa, Asia dan Australia.

Selain server yang terletak di lokasi strategis MaxCDN juga dipercepat dengan anycast routing dan Max CDN 100 persen dengan mengunakan server SSD. Bagian dashboard untuk pelangan juga dirancang dengan baik sehingga memudahkan untuk mengontrol website. MaxCDN juga menyediakan kontrol pembersihan, pengaturan caching konten dan juga laporan pengunaan. Pastikan anda mencoba layanan murah satu ini.

Ada juga jaminan uang kembali dan uji coba gratis selama 30 hari. Anda cukup membayar $9 setiap bulannya yang menjadikan layanan ini termasuk dalam jajaran layanan CDN yang murah. Jaminan uang kembali ini memudahkan penguna untuk mencoba dengan resiko yang kecil. Tersedia juga layanan bantuan setiap hari dan di jam berapapun dengan intuitif serta fitur kontrol panel yang lengkap dengan desain yang memudahkan pengunanya.

4. Amazon CloudFront

Amazon CloudFrontLayanan Amazon CloudFront CDN juga bisa anda coba dan dianggap aman. Layanan ini merupakan layanan terbesar dan terbaik sehingga sangat populer. Memiliki server di sejumlah lokasi besar di lima wilayah utama.

Cloudfront sudah diintegrasi dengan layanan S3 cloud hosting dari Amazon. Harga yang ditawarkan oleh layanan ini juga bersaing dengan layanan CDN lain karena menerapkan sistem pas as you go dan tidak ada biaya minimal.

Amazon CloudFront memberikan gratis akun untuk yang baru saja mendaftar atau pemula. Layanan gratis ini tersedia selama 1 tahun dengan 50GB data beginner plan. Di dukung dengan sistem bantuan online dan akses log opsional. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dan juga menikmati segala kelebihan yang dimiliki oleh layanan CDN murah ini. Apalagi layanan ini sudah terpercaya dan terbukti digunakan oleh banyak website besar.

5. Bunny CDN

Bunny CDNBunny CDN merupakan salah satu layanan yang memberikan kebebasan membayar untuk customernya yang sering disebut dengan Pay As You Go. Kamu bisa memulainya dengan hanya $1 untuk sebulan, itu pun kalau kuota layanan yang kamu ambil sudah habis, apabila masih ada kamu bisa menggunakan $1 untuk beberapa bulan. Selain murah, kamu bisa mencobanya Gratis selama 14 hari. Saya akan menjelaskan lebih detailnya pada artikel selanjutnya.

Pengelola website pastinya membutuhkan layanan CDN untuk menampung banyak visitor, terutama untuk affiliate marketing. Namun anda juga harus mempertimbangkan faktor penting sebelum memilih mengunakan layanan tersebut. Layanan Content Delivery Network juga bukan merupakan alat ajaib, sehingga anda masih bisa mengunakan banyak cara untuk mempercepat situs anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?