Marketing Mix: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Dalam Bisnis

0 47
Belum ada rating.

Pengertian Marketing mix adalah strategi pemasaran yang proses pelaksanaannya dilakukan secara terpadu. Fungsi marketing mix juga bisa menjadi strategi pemasaran yang dilaksanakan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada di dalam marketing mix tersebut. Hal ini tidak jauh berbeda dengan strategi marketing yang lainnya. Setiap strategi marketing tentu memiliki dukungan dari elemen lain untuk bisa berjalan. Namun, ada beberapa strategi yang dapat berjalan tanpa adanya elemen lain.

Marketing mix secara bahasa disebut juga dengan Bauran Pemasaran. Dengan adanya marketing ini maka suatu rangkaian kegiatan akan memenuhi kebutuhan dan kepuasan dari konsumen. Cara tersebut bisa diperoleh dari membuat produk, menentukan harga, menentukan tempat penjualan, dan mulai mempromosikan produk kepada konsumen. Konsep marketing mix ini bisa Anda terapkan sebagai salah satu kegiatan pemasaran yang akan menentukan keberhasilan dari perusahaan dalam mengejar profit.

Pengertian Marketing Mix Menurut Para Ahli

Pengertian Marketing Mix Menurut Para AhliSebenarnya, terdapat banyak strategi yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan pasar. Salah satunya yaitu dengan menerapkan marketing mix. Bagaimana pengertian marketing mix menurut para ahli? Di bawah merupakan ulasan lengkapnya:

1. Kotler & Armstrong (1997: 48)

Marketing mix adalah perangkat alat pemasaran taktis yang bisa dikendalikan. Alat pemasaran tersebut bisa berupa produk, harga, distribusi, dan promosi yang sudah saling dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan atau interaksi yang diinginkan di dalam sasaran pasar.

2. Buchari Alma (2005: 205)

Pengertian marketing mix yaitu strategi dengan mengkombinasikan kegiatan-kegiatan marketing agar tercipta kombinasi yang maksimal sehingga menghasilkan suatu hasil yang sangat memuaskan.

3. Sumarmi dan Soeprihanto (2010: 274)

Marketing mix adalah kombinasi dari kegiatan yang menjadi inti dari sistem pemasaran. Sistem pemasaran tersebut berupa produk (barang atau jasa), harga, distribusi, dan promosi. Marketing mix ini menjadi kumpulan dari beberapa kegiatan yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan dari para konsumen.

4. Dhaimesta & Irwan (2000: 74)

Marketing mix merupakan variabel-variabel atau kegiatan yang digunakan oleh perusahaan sebagai sarana untuk pemenuhan atau pelayanan terhadap kebutuhan dan keinginan dari konsumen.

5. Stanton (1991: 78)

Pengertian marketing mix merupakan kombinasi dari empat variabel yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu produk, struktur harga, sistem distribusi, dan kegiatan promosi.

6. Fandy Tjiptono (2004)

Marketing mix merupakan seperangkat alat yang bisa digunakan dalam pemasaran untuk membentuk suatu karakteristik dari barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen atau pelanggan.

7. Marius P. Angipora (1999)

Pengertian Marketing mix adalah seperangkat variabel dalam pemasaran terkontrol yang digabungkan dengan perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan di dalam sasaran pasar.

8. Sofjan Assauri (2013: 12)

Marketing mix adalah kombinasi variabel yang menjadi inti dari sistem pemasaran. Dimana variabel ini dikendalikan oleh bagian pemasaran untuk mempengaruhi reaksi dari para pembeli ataupun konsumen.

9. D. W. Foster

Pengertian Marketing mix merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan semua unsur dari pemasaran dan faktor produksi yang dikerahkan untuk mencapai tujuan dari perusahaan. Tujuan perusahaan tersebut bisa berupa laba atau keuntungan, omzet penjualan, penghasilan modal yang telah ditanam, dan bagian dari pasar yang ingin direbut atau pangsa pasar.

Fungsi Marketing Mix Dalam Bisnis

Marketing mix ternyata memiliki fungsi yang bisa dijadikan sebagai salah satu alasan mengapa Anda perlu melakukan strategi. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai apa saja yang menjadi fungsi marketing mix:

1. Fungsi Marketing Mix Sebagai Sales

Fungsi Marketing Mix Sebagai SalesFungsi marketing yang satu ini bisa dikatakan menjadi tugas utama marketing yaitu untuk memberikan pemasukan bagi perusahaan dengan cara melakukan penjualan kepada produk baik berupa barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Kegiatan ini biasa dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan dan berinteraksi dengan para konsumen yang nantinya merekalah yang akan membeli produk dari perusahaan kita sehingga kegiatan marketing mix akan terus berjalan.

2. Sebagai Promosi

Fungsi Marketing Mix Sebagai PromosiDengan melakukan marketing mix juga bisa berfungsi untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk yang telah dihasilkan kepada masyarakat luas. Tidak hanya produknya saja yang bisa dipromosikan, perusahaan penghasil produk tersebut juga bisa dipromosikan kepada masyarakat luas agar perusahaan beserta produknya bisa lebih dikenal.

Fungsi ini sangat membantu dalam kelancaran berbisnis dalam lingkup marketing dan persaingan dengan perusahaan yang lainnya. Kamu juga bisa belajar cara membuat kata kata promosi bisnis pada artikel sebelumnya.

3. Sebagai Riset dan Pengembangan

Fungsi marketing mix ke 3 yaitu sebagai riset dan pengembangan. Fungsi yang satu ini bisa digunakan sebagai penyerap dari berbagai macam informasi. Lalu informasi tersebut bisa disampaikan kepada perusahaan yang berkaitan mengenai apa saja yang bermanfaat sebagai ajang mendukung peningkatan kualitas maupun penjualan daripada produk (barang atau jasa) yang telah dihasilkan oleh perusahaan.

Biasanya fungsi riset inilah yang akan menentukan kemajuan dari suatu perusahaan karena selalu ada evaluasi yang akan dibenahi untuk kemajuan tersebut.

4. Sebagai Marketing Communication

Sebagai Marketing CommunicationNah, fungsi marketing mix ini memiliki peran untuk membuat hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat luas. Tidak hanya menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat, fungsi ini juga akan melakukan hubungan yang baik antara perusahaan dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Hal ini akan memiliki dampak yang positif terhadap kemajuan dan pemberian kesan baik oleh masyarakat terhadap perusahaan tersebut sehingga produk akan lebih dikenal.

5. Sebagai Pertukaran

Dengan adanya marketing, maka konsumen akan lebih mudah untuk bisa membeli produk yang berasal dari suatu produsen pembuat produk. Mereka bisa membelinya baik dengan menukarkan uang untuk bisa mendapatkan produk ataupun melakukan pertukaran produk dengan produk yang lainnya untuk digunakan sendiri atau bisa juga untuk dijual kembali.

6. Sebagai Distribusi Fisik

Fungsi distribusi fisik pada produk ini dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk yang asalnya dari produsen yang diperuntukkan dalam pemenuhan kebutuhan para konsumen bisa disalurkan melalui darat, air, maupun udara. Kemudian untuk penyimpanan produknya sendiri bisa dilakukan dengan cara mengendapkan dan menjaga pasokan dari produk agar tidak terjadinya kekurangan yang ada ketika diperlukan.

7. Sebagai Perantara

Fungsi marketing mix yang terakhir yaitu bisa digunakan sebagai perantara. Untuk bisa menyampaikan produk yang berupa barang dan jasa dari produsen kepada para konsumen, maka bisa dilakukan melalui perantara. Perantara ini menjadi perantara pemasaran atau marketing yang akan menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas dari fungsi perantara yang dilakukan seperti pembiayaan, pencarian informasi terkait, pengelompokan produk, dan aktivitas-aktivitas lainnya yang berhubungan antara kedua hal tersebut.

Tujuan Marketing Mix Dalam Bisnis

Setelah memahami mengenai apa saja yang menjadi pengertian dan fungsi dari marketing mix, maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai tujuan marketing mix. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari adanya marketing mix:

1. Tujuan Marketing Mix Untuk Periklanan

Tujuan Marketing Mix PeriklananPeriklanan atau advertising menjadi salah satu kegiatan paling penting di dalam marketing mix. Hal ini karena dengan adanya periklanan, maka akan memberikan informasi mengenai produk kepada target konsumen atau calon pelanggan serta digunakan untuk meningkatkan penjualan. Perlu diingat bahwa produk di sini bisa berupa barang ataupun jasa.

2. Promosi Penjualan

Tujuan Marketing Mix Promosi PenjualanPromosi penjualan menjadi hal penting selanjutnya karena kumpulan dari berbagai alat intensif yang telah dirancang akan lebih mendorong dalam pembelian suatu barang atau jasa oleh konsumen. Kegiatan promosi penjualan sebagian besar memiliki jangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang. Tujuan dari promosi penjualan tidak lain adalah untuk meningkatkan penjualan yang bisa dilakukan dengan cara pemberian diskon, pemberian kupon atau sampel produk.

3. Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung ini menjadi sistem pemasaran yang interaktif dengan menggunakan satu atau lebih media iklan. Tujuannya untuk menghasilkan tanggapan yang bisa diukur pada suatu lokasi serta untuk mengkomunikasikan produk atau jasa yang ditawarkan secara langsung kepada konsumen yang telah dianggap sebagai target market yang potensial.

Manfaat Marketing Mix Bisnis

Peran marketing mix yang menjadi penting ini sangat membantu para konsumen untuk bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh setiap produsen. Dengan ini, marketing bisa menjadi ujung tombak dari perusahaan dalam hal kemudahan dalam mempromosikan serta memasarkan produk atau jasa kepada para konsumen. Tentunya marketing mix memberikan banyak manfaat.

Di bawah ini telah dirangkup beberapa manfaat marketing mix yang bisa kamu pelajari:

1. Menambah Kepuasan Konsumen

Manfaat Marketing Mix Untuk Menambah Kepuasan KonsumenManfaat marketing mix yang pertama yaitu menambah kepuasan konsumen. Dengan melakukan marketing mix, maka Anda bisa menambah kepuasan konsumen karena perusahaan bisa menentukan akan membuat produk yang seperti apa agar bisa bermanfaat bagi konsumen. Dengan pengadaan produk yang bermanfaat bagi konsumen selain bisa menambah kepuasan mereka, hal ini juga bisa menjadi keuntungan bagi perusahaan yang nantinya akan menjadikan perusahaan tersebut memiliki masa depan yang bisa diperkirakan.

2. Manfaat Marketing Mix Untuk Memperbanyak Pilihan

Memperbanyak PilihanPilihan-pilihan tersebut bisa digunakan untuk menentukan harga yang sesuai dari produk dengan konsumen, tempat penjualan produk yang strategis, serta bisa memilih segmen mana yang cocok digunakan untuk produk. Pilihan-pilihan tersebut tidak hanya berhubungan dengan produk, melainkan bisa berhubungan dengan penentuan strategi promosi yang tepat seperti pemilihan media iklan yang sesuai, penentuan konten iklan yang bisa diterima oleh masyarakat luas, dan yang lainnya. Itulah manfaat marketing mix ke 2 yang manfaatnya bisa memperbanyak pilihan.

3. Meningkatkan Kualitas Hidup

Meningkatkan Kualitas HidupManfaat marketing mix ke terakhir ini bisa meningkatkan kualitas hidup. Manfaat dalam peningkatan kualitas hidup ini bisa dirasakan karena setiap orang di perusahaan akan memikirkan hal yang terbaik untuk perusahaan. Tentunya berhubungan dengan marketing yang sesuai agar bisa diterima di masyarakat. Pemikiran-pemikiran seperti ini bisa meningkatkan kreatifitas dan inovasi yang ke depannya memberikan benefit kepada perusahaan untuk menghadapi persaingan dalam dunia bisnis dengan lebih siap.

Kesimpulan

Nah, dengan adanya beberapa manfaat marketing mix seperti yang sudah disimpulkan di atas. Strategi ini akan sangat berguna demi kelangsungan bisnis. Ketika Anda memulai bisnis yang baru, maka wajib mengetahui strategi pemasaran yang sudah digunakan oleh banyak perusahaan sejak dahulu. Lihat tingkat keberhasilannya, mereka sudah bisa dikatakan sempurna jika memiliki tingkat konsisten dan teliti yang tinggi.

Dengan munculnya banyak bisnis baru yang rintisan semacam start up, justru dengan menerapkan marketing mix akan sangat relevan jika diadopsi. Semoga materi dari Dosen Online ini bermanfaat 🙂

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?