fbpx

11 Peluang Bisnis Jangka Panjang yang Menjanjikan

0 71
Belum ada rating.

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dipertimbangkan oleh para pemula, apalagi peluang bisnis jangka panjang juga sangat banyak. Terutama mereka yang terkendala modal, bisnis online bisa menjadi pilihan tepat. Awal mulanya anda bisa memilih menjadi reseller atau dropship. Barulah nanti kita bisa mengembangkan bisnis tersebut menjadi lebih besar. Ada juga jenis bisnis yang bermain saham, bisnis MLM, bisnis rumahan dan lain sebagainya. Bagi mereka yang ingin berbisnis dan menekuninya juga bisa memilih usaha jangka panjang. Ide bisnis ini cukup beragam sehingga anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki. Tapi kamu juga harus tau bagaimana cara memulai usaha dari awal agar sukses jangka panjang.

Bisnis seolah sudah menjadi gaya hidup tersendiri terutama untuk masyarakat modern. Ketika anda memiliki rencana untuk berbisnis jangka panjang maka carilah ide yang benar-benar bisa anda kuasai nantinya. Ide yang bisa dipersiapkan dengan baik. Karena hampir semua orang memang memiliki rencana untuk berbisnis dan tentunya bisa bertahan lama, dikelola hingga berkembang. Hanya saja tak semua orang tertarik karena mereka lebih fokus dengan bisnis yang sedang happening. Tidak salah tetapi jika tak konsisten dan hanya ikut-ikutan saja tentu tidak bisa bertahan lama.

Sebenarnya baik itu bisnis untuk jangka panjang, jangka pendek tetap saja membutuhkan persiapan yang matang dan tekad yang kuat agar bisnis bisa berkembang. Hanya saja keuntungan bisnis dengan jangka panjang ini adalah bisnis anda masih memiliki peluang untuk bertahan. Meski begitu sebuah bisnis yang sukses tidak akan lepas dari usaha yang keras.

Peluang Bisnis Jangka Panjang yang Patut Dipertimbangkan

1. Bengkel

Ide bisnis jangka panjang yang menjanjikan pertama adalah bengkel. Bisnis ini membutuhkan orang yang terampil dan benar-benar tahu bagaimana harus menjalankan sebuah bengkel. Saat ini kendaraan bermotor memang menjadi kebutuhan primer untuk tiap orang. Mereka membutuhkan kendaraan bermotor untuk kerja dan menuju banyak tempat. Banyak orang ingin bergerak cepat dan dituntut dengan mobilitas yang tinggi.

Melihat kepemilikan motor yang tinggi, bukan tidak mungkin mereka membutuhkan perawatan motor agar bisa digunakan dengan kondisi yang prima. Hanya saja satu hal yang penting untuk memulai bisnis ini adalah dengan memiliki SDM yang mengerti betul otomotif dan bisa menangani segala bentuk kerusakan yang umum terjadi. Dengan begitu, bengkel anda sebagai peluang bisnis jangka panjang yang menjanjikan dan bisa dipercaya banyak konsumen.

2. Jual Pulsa

Meski terdengar sepele tetapi jualan pulsa memang sebagai peluang bisnis jangka panjang. Sama seperti motor, kepemilikan smartphone ini tentu dirasa makin meningkat. Mereka membutuhkan pulsa untuk selalu terkoneksi dengan dunia luar atau internet. Hal ini yang dirasa bisa menjadi peluang bagus dijadikan berbisnis. Jual pulsa sebagai bisnis online jangka panjang akan menguntungkan anda selagi kita menjalankannya dengan konsisten.

Syarat utama dari bisnis ini adalah komunikasi. Anda bisa memasarkan bisnis jual pulsa dengan banyak cara. Apakah membuka outlet di rumah atau hanya melayani via online. Tidak hanya melayani pulsa sms atau untuk smartphone saja tetapi anda juga bisa melayani pulsa token yang sekarang juga sudah dibutuhkan oleh banyak orang. Selain itu, perbanyak referensi bagaimana cara berbisnis jual pulsa agar keuntungan yang didapatkan bisa stabil.

3. Jualan Sembako

Jualan SembakoSembako merupakan bahan pangan yang dibutuhkan setiap orang. Tentu berbisnis jual sembako bisa menjadi peluang bisnis jangka panjang yang menjanjikan. Makanan menjadi kebutuhan primer yang mana kita bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis. Harga sembako memang terkadang naik turun tetapi ketika anda tahu bagaimana cara mengatasinya tentu tetap bisa menguntungkan apalagi harga sembako semahal apapun juga tetap menjadi kebutuhan primer masyarakat.

Sembako tidak akan menyurut terutama jika anda ingin menjualnya dengan harga bersaing. Perhatikan harga jual yang dilakukan oleh kompetitor. Anda bisa mengambil sedikit di bawahnya dengan kalkulasi untung yang sudah dipertimbangkan. Dengan begitu, konsumen bisa memilih membeli sembako di tempat anda karena harga yang lebih murah.

4. Jual Bahan Material

Menjual bahan material bangunan merupakan salah satu bentuk ide bisnis jangka panjang yang juga patut dipertimbangkan. Sebab, bangunan adalah salah satu kebutuhan primer juga yang mana harus dipenuhi. Orang-orang yang membangun rumah untuk tempat tinggal mereka, ada juga orang-orang yang membutuhkan perawatan rumah karena bocor, roboh dan lain sebagainya. Disinilah peluang yang bisa kita manfaatkan dengan baik agar menjadi bisnis yang menguntungkan.

Keuntungan dari bisnis jual bahan material bangunan ini bisa semakin besar ketika pelayanan yang anda berikan juga maksimal. Misalnya saja seperti layanan antar bahan bangunan jika memang konsumen membeli banyak bahan tetapi tidak bisa mengangkutnya. Anda bisa memberi jasa layanan antar. Jika dirasa terlalu berat, pertimbangkan untuk menambah ongkos kirim tetapi dengan kalkulasi yang tepat agar tidak terlalu mahal.

5. Cuci Steam

Tak hanya bengkel yang menjadi pilihan bisnis berjangka panjang. Tetapi cuci steam atau cuci kendaraan ini juga dirasa dibutuhkan masyarakat. Terutama ketika masuk musim hujan banyak motor dalam kondisi kotor yang membutuhkan perawatan. Usaha ini bisa menjadi bisnis sampingan yang anda jalankan. Tetapi jangan lupa untuk menemukan tempat atau lokasi yang strategis agar makin banyak orang yang menjangkau dan mengetahuinya. Misalnya saja di dekat area perkantoran, perumahan dan lain sebagainya.

Pertimbangkan apakah anda memiliki modal besar sehingga bisa membuka usaha cuci steam/ kendaraan untuk motor atau mobil. Karena jika membuka bisnis cuci kendaraan seperti mobil tentu kita membutuhkan peralatan yang lebih banyak. Berbeda dengan cuci motor yang mana kita hanya membutuhkan sedikit peralatan dan SDM untuk membantu.

6. Bisnis Online

Seperti yang kita rasakan bahwa teknologi memang menggeser banyak hal. Termasuk bagaimana cara seseorang dalam berbelanja. Hanya perlu mencari via online maka kita bisa menemukan apa yang kita butuhkan. Pembayaran juga bisa dilakukan via transfer sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Melihat kemudahan ini, memiliki bisnis secara online dirasa menguntungkan serta menjadi ide bisnis jangka panjang. Hanya saja kita harus mampu menentukan bisnis online di bidang apa jika ingin menjalankannya.

Kalaupun dirasa kesulitan, anda bisa menjadi dropship atau reseller. Menjual lagi barang orang lain dengan harga yang kita tentukan. Dropship atau reseller juga membuat kita tak ribet karena sistemnya lebih mudah untuk pemula. Tentukan produk yang kiranya benar-benar dibutuhkan oleh para pemula.

7. Usaha Kuliner

Tips Memulai Bisnis Kuliner untuk PemulaContoh peluang bisnis jangka panjang yang menjanjikan ke 7 ini adalah usaha kuliner. Makanan lagi-lagi menjadi bisnis yang berjangka panjang selagi kita bisa menjaga cita rasa dan kualitas. Jika anda ingat bahwa di beberapa kota ada makanan khas sebagai kekayaan nilai budaya disana maka disinilah nanti letak kita saat mampu berbisnis kuliner dengan baik. Sebab, setiap orang membutuhkan makanan yang sehat dan lezat. Satu yang terpenting adalah tidak membosankan. Jika anda memiliki keahlian dalam memasak maka tak ada salahnya untuk mengasah bakat tersebut dan menjadikannya sebagai bisnis kuliner.

Ada berbagai macam resep, bentuk dan juga jenis makanan yang anda bisa dicoba. Tentukan apakah akan berbisnis makanan berat seperti makanan rumahan nasi, sayur, rawon, soto dan lain sebagainya atau justru anda memilih makanan camilan. Masing-masing jenis kuliner tersebut memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Anda bisa membaca atau menentukan target pasar terlebih dahulu.

8. Distro

Distro memang erat kaitannya dengan pakaian anak muda yang begitu stylish. Mereka gemar memperbarui gaya berpakaiannya dimana kita bisa memanfaatkan kondisi ini sebagai bisnis. Pilih bisnis jangka panjang membuka distro dengan produk sejenis yang sedang rend misalnya. Memang pakaian yang dijual di distro lebih up to date terhadap perkembangan fashion.

Cobalah untuk membuka distro dengan model pakaian yang trendy. Tetapi bisnis ini tentu membutuhkan modal serta pertimbangan yang matang bagaimana nanti memasarkannya. Jangan lupa memilih lokasi yang strategis agar bisa menunjang keberhasilan bisnis distro yang anda miliki. Kamu bisa menjualnya di shopee, dan juga bisa belajar tips jualan di shopee.

9. Property

Perlu diketahui bahwa perkembangan penduduk Indonesia sekarang ini memang masih terus tumbuh. Hal ini tentu membuat kita tahu bahwa mereka membutuhkan tempat tinggal yang juga akan mengalami pertumbuhan. Maka dari itu, berbisnis property bisa menjadi bisnis jangka panjang yang recommended. Usaha ini begitu menguntungkan ketika anda tahu bagaimana cara mengelola dan mengembangkannya.

Meski di bidang properti memang cenderung membutuhkan pengalaman dan juga mental yang kuat. Namun setidaknya kita bisa belajar dari cerita dan juga pengalaman orang yang lebih dulu menangani bisnis property. Anda bisa memulainya dengan browsing atau mencari bacaan tentang property. Bagaimana cara memulainya step by step.

10. Bisnis di Bidang Pariwisata

Mengapa pariwisata? Tahukah anda bahwa pariwisata merupakan bidang usaha yang memiliki prospek cukup bagus di masa yang akan datang nanti? Negara Indonesia memiliki banyak tempat wisata dan tentu mereka menjadikannya sebagai daya tarik untuk wisatawan asing terutama. Melihat dari data yang ada, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia juga terus bertambah. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan baik.

Misalnya saja seperti jasa guide, tour and travel dan lain sebagainya. Kelola bisnis pariwisata menjadi bisnis jangka panjang yang bisa menguntungkan kita. Analisis apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini. Pariwisata Indonesia memang mendapat perhatian yang serius sehingga bisa menjadi kesempatan kita untuk mulai membuka bisnis pada bidang ini.

11. Warung Kopi

Membuka warung kopi tak bisa disepelekan. Sebab warung kopi bisa menjadi peluang usaha jangka panjang dengan modal yang kecil. Pecinta kopi dari waktu ke waktu dirasa kian meningkat. Varian kopi yang ditawarkan juga semakin beragam dimana tak hanya robusta saja tetapi juga varian lainnya. Anda bisa memanfaatkan warung kopi sebagai usaha jangka panjang dengan konsep yang berbeda-beda.

Rencanakan bagaimana konsep warung kopi yang akan anda buka. Apakah untuk kalangan menengah ke atas, untuk kalangan menengah ke bawah dan lain sebagainya. Konsep ini akan mempengaruhi berapa modal yang anda butuhkan. Kalaupun target pasar yang ditetapkan adalah untuk kalangan menengah bawah maka warung kopi di pinggir jalan bisa menjadi alternatif pilihan. Tetapi jika ditetapkan untuk tempat nongkrong anak muda maka anda bisa menggunakan konsep kafe.

Cara Memulai Bisnis Jangka Panjang untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Jangka Panjang untuk Pemula

1. Tentukan Jenis Bisnis

Seperti yang telah tersaji sebelumnya bahwa jenis bisnis yang berjangka panjang ini memang beragam. Ada bisnis warung kopi, bisnis di bidang pariwisata, bisnis online dan lain-lainnya. Dari sinilah anda bisa menentukan terlebih dahulu manakah yang sesuai dengan passion anda. Akan lebih bagus lagi jika bisnis tersebut berangkat dari bakat yang dimiliki. Seperti bakat memasak maka kita membuka bisnis kuliner. Cara ini akan memudahkan kita untuk mengembangkan bisnis tersebut. Temukan jenis bisnis yang tepat terlebih dahulu.

2. Siapkan Modal

Berbisnis membutuhkan modal entah itu besar ataupun kecil. Besaran ini ditentukan oleh jenis bisnis yang anda pilih. Jika anda menginginkan bisnis yang tanpa modal, salah satu pilihan tepat adalah berbisnis secara online. Bisa menjadi reseller ataupun dropship. Dua bisnis tersebut populer untuk mereka yang menginginkan bisnis tanpa modal. Maka dari itu, pastikan apakah anda memilih bisnis yang membutuhkan modal atau tidak. Barulah nanti kita bisa melangkah pada tahapan berikutnya.

3. Tetapkan Target Pasar

Tetapkan Target PasarSetelah anda menentukan berapa modal yang dimiliki untuk bisnis jangka panjang ini, anda bisa menetapkan target pasar. Dalam menentukan target pasar juga tidak akan jauh dari jenis bisnis kita. Sebagai contoh, ketika anda memilih bisnis kafe maka target pasar yang bisa ditetapkan adalah anak muda.

Jika target pasar sudah ada, harga juga harus disesuaikan. Biasanya, anak mudah akan mencari tempat tongkrongan dengan harga yang relatif murah. Maka dari itu, pertimbangan ini akan saling berkaitan. Mulai dari jenis bisnis hingga target pasar. Kamu juga bisa menggunakan strategi marketing mix untuk memasarkannya.

4. Promo

Sudah mulai menjalankan peluang bisnis jangka panjang ini? Saatnya untuk melakukan promo. Bisa melalui online maupun offline. Memanfaatkan berbagai media sosial yang anda miliki. Seperti instagram, facebook dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk membuat promo di momen penting seperti hari belanja online nasional, promo beli 2 gratis 1 atau kemasan promo menarik lainnya. Selain online, anda bisa melakukan promo offline seperti menyebar brosur.

5. Kembangkan Bisnis

Lihat bagaimana respon pasar terhadap peluang bisnis jangka panjang yang telah anda jalankan. Terutama ketika banyak kompetitor yang ada di sekitar anda, cobalah untuk menganalisis bagaimana kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Bagaimana pelayanan yang diberikan, harga yang dimiliki dan kualitas yang diunggulkan. Dari cara ini kita bisa mengembangkan bisnis dan memperbaiki apa yang kurang. Berikan pelayanan yang memuaskan dan kualitas yang baik kepada konsumen.

6. Konsisten

Salah satu sikap yang wajib dimiliki oleh para pebisnis adalah konsisten. Mereka yang mampu melakukan hal-hal baik untuk bisnisnya secara rutin. Dengan konsistensi yang dijaganya tentu memberi efek yang baik terhadap usaha jangka panjang. Pertahankan kualitas jika memang mendapat respon positif dari konsumen. Tak perlu mengurangi kualitas tetapi siasati dengan harga yang dikalkulasikan lagi. Pastikan bahwa anda tidak mengalami kerugian untuk memberi kualitas yang baik meski bahan dasar dari produk anda mengalami kenaikan harga.

Memulai bisnis memang tak bisa sembarangan. Artinya harus ada kesiapan terutama dari segi mental karena bisnis jangka panjang ini membutuhkan pengembangan dan konsisten untuk menjalankannya agar bisa sukses. Keuntungan dari berbisnis tak bisa dilihat dalam sekejap melainkan membutuhkan proses yang benar. Anda bisa mengawali berbisnis dengan mengetahui jenis bisnisnya, menetapkan target pasar dan lain-lain.

Untuk para pemula, anda bisa melakukan Tiga M yaitu Melihat, Meniru dan Memodifikasi. Carilah referensi bisnis yang sesuai kesukaan agar ketika mengembangkannya anda tidak akan kesulitan. Jika ingin meniru, tiru kompetitor tetapi harus melakukan langkah terakhir yakni memodifikasi. Baik dari segi kemasan produk hingga bagaimana kualitas yang diberikan. Semoga artikel peluang bisnis jangka panjang yang menguntungkan ini bermanfaat 🙂

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?